Langsung ke konten utama

Menggunakan Perintah Sweep di AutoCAD 3D

Pada kesempatan kali ini kami akan membuat tutorial mengenai fungsi dan cara mneggunakan perintah Sweep di AutoCAD 3D.

Perintah Sweep adalah salah satu perintah pada toolbar Modeling yang berguna untuk membuat suatu object 3 dimensi yang berasal dari suatu object 2 dimensi dengan mengikuti bentuk suatu object garis 2 dimensi ataupun 3 dimensi, dimana garis tersebut digunakan sebagai suatu path / patokan.

Cara memakai perintah tersebut adalah dengan memilih perintah Sweep pada dropdown list di toolbar Modeling.


Perintah Sweep pada toolbar modeling

Untuk lebih memahami bagaimana fungsi dan cara memkai perintah Sweep ini kita bisa membuat sebuah object 2 dimensi seperti pada gambar di bawah ini yang terbuat dari polyline (terbuka). Dan untuk mempermudah ketika kita menggambar 3 dimensi kita bisa melihatnya dengan menggunakan Isometrik view seperti gambar yang ada di bawahnya lagi.

Contoh gambar path untuk praktek menggambar dengan menggunakan Sweep


Contoh gambar yang akan digunakan sebagai Path pada perintah Sweep dalam Isometrik view

Selanjutnya kita bisa membuat gambar 2 dimensi yang akan digunakan sebagai object yang akan di aplikasikan perintah sweep. Object 2 dimensi tersebut harus pada posisi tegak lurus terhadap garis path yang kita buat pada gambar pertama tadi.

Cara membuat object kedua ini adalah sebagai berikut, kita harus ubah dulu orientasi koordinat sumbunya agar tepat berada pada ujung garis path dengan menggunakan perintah UCS. Kita dapat mengetikkan dulu "UCS" di keyboard kemudian tekan "Enter".

Perintah UCS untuk mengatur orientasi koordinat sumbunya

Setelah perintah UCS di atas maka akan muncul perintah pada command prompt seperti pada gambar di bawah ini. Kemudian kita bisa memilih orientasi Z axis yang baru pada pilihan ZAxis seperti pada command prompt tersebut.


Pilihan perintah UCS untuk mengatur orientasi koordinat ketika menggambar

Untuk memilihnya kita bisa dengan mengetikkan "ZA" kemudian tekan "Enter" seperti pada gambar di bawah ini.


Input "ZA" untuk menentukan orientasi ZAxis yang baru pada gambar

Setelahnya kita akan diperintahkan untuk meletakkan titik origin (0,0,0) yang diinginkan, kita dapat meletakkannya pada ujung dari object pertama yang digunakan sebagai path tadi, sebelumnya kita perlu menghapus dahulu dimensi dari object pertama tadi yang digunakan sebagai path untuk mempermudah menggambar pada mode 3 dimensi ini.


Memilih titik origin pada perintah UCS

Selanjutnya kita diperintahkan untuk menentukan arah positif dari sumbu Z yang akan digunakan sebagai orientasi baru denganmengarahkan mouse kita ke arah tersebut. Kita bisa tarik ke depan arah sumbu Z positif yang baru, seperti pada gambar di bawah ini.

Menentukan arah sumbu Z positif pada perintah UCS

Selanjutnya kita dapat membuat object baru baik berupa garis (polyline terbuka, line, dan lainnya)  ataupun object tertutup (rectangle, circle, atau lainnya) yang salah satu titik object tersebut menepel pada object path yang kita buat pertama tadi.

Pada contoh ini kami memakai rectangle, dengan cara menggunakan perintah "REC" dan kemudian tekan "Enter", seperti pada gambar di bawah.


Memasukkan perintah Rectangle sebagai object yang akan di-Sweep

Selanjutnya kita diperintahkan untuk memilih titik sudut pertama dalam membuat rectangle, letakkan titik tersebut tepat berada di ujung object path untuk perintah Sweep, seperti pada gambar di bawah ini.

Selanjutnya kita bisa masukkan ukuran rectangle dengan menggunakan perintah dengan awalan "@", jika sisi-sisi ractangle yang ingin kita buat sudah diketahui.


Perintah memasukkan titik sudut pertama Rectangle

Untuk contoh ini kita akan menggunakan sisi-sisi rectangle dengan ukuran sejajar pada arah sumbu X=0.7 dan sumbu Y=0.5, maka kita bisa masukkan setelah memilih titik sudut rectangle pertama tadi dengan menginput "@0.7,0.5" (tanpa tanda petik), lalu kemudian tekan "Enter" pada keyboard, bisa dijelaskan pada gambar di bawah.


Perintah membuat contoh rectangle dengan input "@0.7,0.5" sebagai object yang akan di-Sweep

Pada gambar di bawah ini adalah hasil dari perintah menbuat rectangle di atas. Jadi kita sudah mendapatkan object yang akan di-Sweep berupa rectangle dan sebuah object garis polyline sebagai Path / patokan.


Object yang akan di-Sweep (rectangle) dan object yang akan dijadikan path (polyline)


Selanjutnya kita harus kembalikan dulu UCS yang kita ubah orientasinya tadi ke posisi UCS default yaitu UCS World.

Kita dapat melakukannya dengan memsukkan perintah "UCS" seperti di atas tadi sehingga pada command prompt akan muncul seperti pada gambar di bawah ini lagi, yaitu pilihan UCS yang akan kita gunakan. Untuk memilih UCS World kita bisa menekan "W" dilanjutkan dengan menekan tombol "Enter".


Mengembalikan UCS pada poisi World (UCS World)

Selanjutnya baru kita bisa terapkan perintah Sweep pada gambar dengan mengklik perintah "Sweep" pada toolbar modeling, yang kemudian akan muncul perintah untuk memilih object-object yang akan kita terapkan perintah Sweep tadi, lalu tekan "Enter" pada keyboard.


Memilih object-object yang akan di Sweep

Setelah itu kita diperintahkan untuk memilih garis Path yang akan digunakan sebagai patokan object yang akan kita Sweep pada ilihan object pertama tadi, lihat pada gambar di bawah. langsung saja klik pada object path-nya.


Memilih object yang akan digunakan sebagai Path

Setelah semua perintah di atas maka kita akan mendapatkan object 3 dimensi seperti pada gambar di bawah. Gambar di bawah ini adalah gambar dengan View style 2D Wireframe, untuk memperjelas bentuknya kita bisa milhatnya dalam bentuk Conceptual View, seperti pada gambar di bawahnya lagi.


2D Wireframe Style object contoh perintah Sweep di atas


Conceptual View gambar yang telah dibuat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menggunakan Toolbar Modify Pada AutoCAD

Pada tutorial berikut ini kami akan melanjutkan pada materi bagaimana cara menggunkan toolbar Modify pada AutoCAD. Toolbar ini sangat penting dan akan selalu digunakan dalam menggambar dengan AutoCAD untuk memodifikasi object object yang ingin diubah atau ditambahi.
Adapun perintah-perintah yang sering digunakan, yang terdapat dalam toolbar "Modify" AutoCAD adalah sebagai berikut : 1. Move Perintah "Move" adalah sebuah perintah yang berguna memindahkan object atau kumpulan object gambar AutoCAD. Adapun cara untuk memakai perintah ini adalah dengan mengetikkan huruf "M" dan ketik "enter" pada keyboard atau bisa juga dengan klik perintah "Move" pada toolbar modify.

Setelah melakukan perintah tersebut dilanjutkan dengan memilih object object yang akan dipindahkan lalu tekan enter, dan kemudian memilih titik / koordinat (x,y) awal patokan perpindahan lalu tekan "enter", arahkan perpindahan object tersebut (jika ingin perpindah…

Belajar Dasar AutoCAD Dengan Mudah

Selamat datang di blog kami yang akan menjabarkan tentang bagaimana memakai / mengoperasikan software AutoCAD dengan mudah dan cepat. Tulisan ini adalah tutorial pertama kami di blog ini.

Software AutoCAD adalah software yang dibuat olah Autodesk yang banyak digunakan oleh para drafter dan engineer yang berfungsi untuk mengolah dan menyajikan gambar teknikal baik arsitektur, struktur, jalan, mekanikal, elektrikal dan lainnya.
Ada banyak tipe software AutoCAD berdasarkan kelengkapan utilitasnya sesuai fungsi dan kegunaan  seperti AutoCAD Architectural, AutoCAD Map, AutoCAD Land Desktop / Land Development, AutoCAD Civil Design dan banyak varian AutoCAD lainnya dari berbagai versi yang menyesuaikan kebutuhan penggunanya.



Software AutoCAD yang biasa kami pakai sebagai contoh di sini adalah AutoCAD 2014. Sebenarnya apapun versi software AutoCAD secara prinsip adalah sama dan kalaupun ada perubahan biasanya hanya tambahan utilitas sedikit demi sedikit di tiap versi AutoCAD , k…

Cara Membuat Object Garis di Toolbar Draw AutoCAD

Pada tutorial AutoCAD kami kali ini akan menjabarkan secara detail cara bagiamana menggambar Garis/ Line, Polyline, Lingkaran/Circle, Arc/Lengkung Lingkaran, Segi Empat / Rectangle, Elips dan terakhir cara menggambar Arsir / Hatch. Ada beberapa perintah utama yang sering dipakai di toolbar "draw" yaitu :


1. Line Perintah "Line" ,  perintah ini dipergunakan untuk membuat garis lurus antara dua titik atau dua koordinat dengan cara mengklik perintah line di toolbar atau mengetik huruf "L" dan kemudian tombol "enter" di keyboard. Lalu klik titik pertama sebagai awal garis dan titik kedua sebagai akhir garis. atau masukkaan koordinat (x,y) sebagai awal dan akhir garis. Sebagai bantuan ketika hanya memakai klik di bidang gambar untuk memilih titik pertama awal garis agar bisa tegak lurus orthogonal ke titik keduanya adalah dengan menggunakan perintah ortho dengan menekan tombol "F8". 2. Polyline Perintah "Polyline" , perintah in…