Langsung ke konten utama

Mengatur Object Snap di AutoCAD 2D dan 3D

Pada waktu menggambar di AutoCAD seringkali kita memerlukan beberapa bantuan untuk memilih titik lokasi penempatan suatu object atau pemilihan lokasi titik untuk melaksanakan perintah-perintah di AutoCAD terhadap suatu object lainnyapada bidang gambar. Bantuan-bantuan yang kita dapatkan itu salah satunya  adalah Object Snap atau yang biasa disingkat Osnap. 

Ada beberapa bentuk object snap yang terbagi atas dua bagian berdasarkan penggunaanya, yaitu object snap untuk Dua Dimensi dan Object Snap untuk 3 Dimensi. untuk object snap dua dimensi hanya bisa digunakan ketika kita hanya menggambar pada object dua dimensi saja, sedangkan pada object snap tiga dimensi bisa kita gunakan ketika kita menggambar object 3 dimensi.

Berikut ini ada beberapa contoh Object snap 2 dimensi yang sering kita gunakan, lihat gambar di bawah (lihat tanda segitiga, segi empat, dan silang berwarna hijau). 
Object snap Midpoint



Object snap Endpoint


Object snap Intersection

Kita dapat menghidupkan dan mematikan bantuan object snap ini dengan mengklik tombol object snap seperti pada gambar di bawah ini. Tombol ini terdapat pada bagian bawah bidang gambar AutoCAD. Kita juga bisa memakai tombol "F3" di keyboard untuk menghidupkan dan mematikan bantuan object snap.


Posisi menghidupkan dan mematikan object snap

Untuk menampilkan pengaturan / setting Object snap, kita bisa memakai mouse dengan mengklik kanan pada tombol object snap tadi, kemudian kita pilih "Settings..." seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Perintah setting object snap

Cara lain untuk menampilkan pengaturan object snap adalah dengan mengetikkan "DSET" kemudian tean tombol "Enter" sebagaimana yang terloihat pada gambar di bawah. 


Perintah memunculkan setting pada object snap

Setelah kita melakukan salah satu perintah menampilkan setting di atas maka akan muncul kotak dialog baru yang bernama "Drafting Setting" sebagaimana yang terlihat pada gambar di bawah. Untuk pengaturan object snap terdapat dua bagian Tab, yaitu pada Tab Object Snap dan Tab 3D Object Snap.


Pengaturan Object Snap 2 Dimensi

Pada Tab Object Snap yang sering dipakai adalah pengaturan-pengaturan sebagai berikut (lihat gambar di atas) :

  1. Object Snap On, adalah perintah untuk menyalakan bantuan apakah object snap dihidupkan atau dimatikan. Sebagai bantuan kita bisa menggunakan tombol "F3" sebagai tombol shorcut.
  2. Object Snap Tracking On, adalah perintah untuk menghidupkan dan mematikan Object snap tracking, yang fungsinya adalah sebagai garis bantuan yang menghubungkan titik osnap yang satu dengan titik osnap lainnya dengan cara yang berbeda baik tegak lurus (membentuk siku-siku) ataupun sejajar antar garis osnap tersebut. Sebagai bantuan kita dapat menggunakan tombol "F11" sebagai shortcut. 
  3. Endpoint, pilihan bantuan object snap yang menunjukkan titik akhir dari suatu object, bentuknya segi empat bujur sangkar seperti pada lambang pilihan checkboxnya dan berwarna hijau.
  4. Midpoint, pilihan bantuan object snap yang menunjukkan titik tengah dari suatu object, bentuknya segitiga sama sisi seperti pada lambang pilihan checkboxnya dan berwarna hijau.
  5. Center, pilihan bantuan object snap yang menunjukkan titik pusat suatu object, biasanya bisa dipakai pada object lingkaran, arc atupun object lainnya yang mempunya titik pusat.
  6. Intersection, pilihan object snap yang biasanya adalah hasil perpotongan dari garis bantuan osnap tracking yang berasal dari Object snap terpilih sebelumnya.
  7. Extension, pilihan bantuan berupa garis yang sifatnya sementara (bisa hilang sendiri) yang terjadi ketika mengarahkan kursor melewati titik akhir dari suatu object, sehingga kita bisa membuat titik dari extension. 
  8. Perpendicular, pilihan bantuan berupa sebuah titik yang diciptakan dari garis bantuan yang sifatnya sementara dari dua osnap yang saling terhubung tegak lurus dengan cara kita tracking arah garis tersebut sehingga membentuk siku.
Kita tidak boleh terlalu banyak juga memakai bantuan object snap ini (semua pilihan dihidupkan) karena berpengaruh ketika pemakaian memory komputer yang menyebabkan berjalan lambat. Untuk masing-masing bentuk bantuan tersebut dapat terlihat ketika kita mencoba menggambar atau dengan mengarahkan kursor di bidang gambar dengan mengarahkannya kepada object-object tertentu agar kita melihat tanda osnap yang berwarna hijau seperti yang kami perlihatkan pada contoh-contoh di atas.


Pengaturan object snap 3 dimensi di AutoCAD

Pada tab kedua yaitu tab 3d Object Snap, fungsi-fungsi pilihan bantuan yang akan dipakai sebenarnya hampir sama dengan pada object snap 2D. Akan tetapi lebih baik jika kita matikan semua untuk meringankan beban kerja memory komputer kita. jika ingin mencoba bagimana funsi-fungsi dari pilihan bantuan  3d Object Snap dapat kita coba satu persatu ketika kita menggambar object 3 Dimensi.

Jika kita sudah selesai memilih beberapa bantuan osnap tadi pada kotak dialog drafting setting maka kita tinggal klik tombol "OK".

Demikian cara pemakaian dan pengaturan bantuan-bantuan pada object snap yang paling sering di pakai. Untuk lebih mengerti bagaimana bentuk object snap tersebut dapat kita praktekkan ketika kita menggambar, baik secara 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menggunakan Toolbar Modify Pada AutoCAD

Pada tutorial berikut ini kami akan melanjutkan pada materi bagaimana cara menggunkan toolbar Modify pada AutoCAD. Toolbar ini sangat penting dan akan selalu digunakan dalam menggambar dengan AutoCAD untuk memodifikasi object object yang ingin diubah atau ditambahi.
Adapun perintah-perintah yang sering digunakan, yang terdapat dalam toolbar "Modify" AutoCAD adalah sebagai berikut : 1. Move Perintah "Move" adalah sebuah perintah yang berguna memindahkan object atau kumpulan object gambar AutoCAD. Adapun cara untuk memakai perintah ini adalah dengan mengetikkan huruf "M" dan ketik "enter" pada keyboard atau bisa juga dengan klik perintah "Move" pada toolbar modify.

Setelah melakukan perintah tersebut dilanjutkan dengan memilih object object yang akan dipindahkan lalu tekan enter, dan kemudian memilih titik / koordinat (x,y) awal patokan perpindahan lalu tekan "enter", arahkan perpindahan object tersebut (jika ingin perpindah…

Belajar Dasar AutoCAD Dengan Mudah

Selamat datang di blog kami yang akan menjabarkan tentang bagaimana memakai / mengoperasikan software AutoCAD dengan mudah dan cepat. Tulisan ini adalah tutorial pertama kami di blog ini.

Software AutoCAD adalah software yang dibuat olah Autodesk yang banyak digunakan oleh para drafter dan engineer yang berfungsi untuk mengolah dan menyajikan gambar teknikal baik arsitektur, struktur, jalan, mekanikal, elektrikal dan lainnya.
Ada banyak tipe software AutoCAD berdasarkan kelengkapan utilitasnya sesuai fungsi dan kegunaan  seperti AutoCAD Architectural, AutoCAD Map, AutoCAD Land Desktop / Land Development, AutoCAD Civil Design dan banyak varian AutoCAD lainnya dari berbagai versi yang menyesuaikan kebutuhan penggunanya.



Software AutoCAD yang biasa kami pakai sebagai contoh di sini adalah AutoCAD 2014. Sebenarnya apapun versi software AutoCAD secara prinsip adalah sama dan kalaupun ada perubahan biasanya hanya tambahan utilitas sedikit demi sedikit di tiap versi AutoCAD , k…

Cara Membuat Object Garis di Toolbar Draw AutoCAD

Pada tutorial AutoCAD kami kali ini akan menjabarkan secara detail cara bagiamana menggambar Garis/ Line, Polyline, Lingkaran/Circle, Arc/Lengkung Lingkaran, Segi Empat / Rectangle, Elips dan terakhir cara menggambar Arsir / Hatch. Ada beberapa perintah utama yang sering dipakai di toolbar "draw" yaitu :


1. Line Perintah "Line" ,  perintah ini dipergunakan untuk membuat garis lurus antara dua titik atau dua koordinat dengan cara mengklik perintah line di toolbar atau mengetik huruf "L" dan kemudian tombol "enter" di keyboard. Lalu klik titik pertama sebagai awal garis dan titik kedua sebagai akhir garis. atau masukkaan koordinat (x,y) sebagai awal dan akhir garis. Sebagai bantuan ketika hanya memakai klik di bidang gambar untuk memilih titik pertama awal garis agar bisa tegak lurus orthogonal ke titik keduanya adalah dengan menggunakan perintah ortho dengan menekan tombol "F8". 2. Polyline Perintah "Polyline" , perintah in…