Langsung ke konten utama

Cara Membuat Object Garis di Toolbar Draw AutoCAD


Pada tutorial AutoCAD kami kali ini akan menjabarkan secara detail cara bagiamana menggambar Garis/ Line, Polyline, Lingkaran/Circle, Arc/Lengkung Lingkaran, Segi Empat / Rectangle, Elips dan terakhir cara menggambar Arsir / Hatch.
Toolbar Draw
Ada beberapa perintah utama yang sering dipakai di toolbar "draw" yaitu :


1. Line

Perintah "Line" ,  perintah ini dipergunakan untuk membuat garis lurus antara dua titik atau dua koordinat dengan cara mengklik perintah line di toolbar atau mengetik huruf "L" dan kemudian tombol "enter" di keyboard. Lalu klik titik pertama sebagai awal garis dan titik kedua sebagai akhir garis. atau masukkaan koordinat (x,y) sebagai awal dan akhir garis.
Mengetikkan huruf L dan enter di keyborad sebagai keyborad shortcut di toolbar
Sebagai bantuan ketika hanya memakai klik di bidang gambar untuk memilih titik pertama awal garis agar bisa tegak lurus orthogonal ke titik keduanya adalah dengan menggunakan perintah ortho dengan menekan tombol "F8".
Praktek input menggunakan koordinat ketika menggunakan perintah "line"

2. Polyline

Perintah "Polyline" , perintah ini digunakan untuk membuat garis polygon tertutup atau terbuka pada bidang gambar dengan mengetikkan "PL" kemudian "enter" atau dengan mengklik toolbar "Polyline", selanjutnya klik titik awal atau koordinat (x,y) awal dan kemudian dilanjutkan dengan mengklik titik titik selanjutnya atau input koordinat koordinat (x,y) selanjutnya sebagai titik titik yang menghubungkan polyline sampai ke titik / koordinat (x,y) terakhir.
Input perintah "PL" untuk membuat polyline

Menggambar dengan polyline dimana garis dihubungkan oleh titik titik yang bisa juga diinput dengan menggunakan koordinat x,y dengan berurutan.

3. Circle

Perintah "Circle", perintah ini digunakan untuk menggambar circle / lingkaran dengan cara menggambar dengan menetukan titik tengahnya dahulu dengan mengetikkan huruf "C" dan tekan "enter" atau pilih di toolbar untuk perintah "circle", kemudian mengklik titik tengahnya / koordinat (x,y) nya,  dilanjutkan dengan memasukkan nilai jari-jari lingkarannya atau bisa juga dengan diameternya (akan ada penjelasan lebih lanjut mengenai pemilihan metode ini).
Input perintah "C" untuk membuat circle

Perintah memasukkan radius / jari-jari ketika membuat circle/lingkaran

4. Arc

Perintah "Arc", perintah ini digunakan untuk menggambar garis busur lingkaran dengan cara input di keyboard huruf "A" atau dengan cara mengklik di toolbar perintah "Arc" dilanjutkan dengan memilih titik (koordinat awal (x,y)) sebagai awal busur lingkaran dan kemudian dilanjutkan dengan menentukan titik kedua / koordinat (x,y) sebagai titik singgung lingkaran dan terakhir menetukan titik akhir / koordinat (x,y) lingkaran.
Perintah "A" untuk membuat Arc / Garis Busur Lingkaran




Perintah setelah menetukan titik awal Arc menuju ke titik singgung lingkaran

Perintah setelah titik singgung lingkaran ke titik akhir Arc / Busur lingkaran

5. Rectangle

Perintah "Rectangle", perintah ini digunakan untuk menggambar segi empat dengan cara  menentukan dua titik rectangle / segi empat yang saling diagonal dari kiri bawah ke kanan atas, untuk menginputnya perlu diketahui dua titik (koordinat (x,y)) yang saling diagonal tersebut. Caranya adalah input / ketikan "REC" dan tekan tombol "enter"  atau bisa dengan menekan perintah "Rectangle" di toolbar. Dilanjutkan dengan memilih titik pertama / koordinat (x,y) nya, dan kemudian memilih titik kedua / koordinat (x,y) kedua sebagai titik diagonal akhir dari segi empat yang akan dibuat. Sebenarnya ada cara lain yang akan disampaikan di tutorial pada kesempatan lainnya.
Perintah input keyboard dengan mengetikkan "REC" untuk membuat rectangle / segiempat.
Membuat rectangle setelah menentukan titik pertama dilanjutkan dengan memilih titik kedua (titik yang menghubungkan diagonal segiempatnya)

6. Ellipse

Perintah "Ellipse", perintah ini digunakan menggambar ellips dengan cara menginputkan di keyboard huruf "EL" dan tekan tombol "enter" atau dengan cara menekan perintah "ellipse" di toolbar kemudian dilanjutkan dengan memilih titik pusat/center atau dengan koordinat (x,y) titik pusat , dilanjutkan dengan dengan memasukkan jari jari terjauh pada sumbu x dan kemudian jari terdekat pada sumbu y, atau bisa juga dibalik dengan memasukkan jari jari terjauh pada sumbu y dan kemudian jari terdekat pada sumbu x tergantung bentuk elipsnya lonjongnya ke sumbu x atau sumbu y.

Perintah input keyboard "EL" untuk membuat bentuk elips

Input jari-jari terjauh pada sumbu x, kemudian dilanjutkan jari-jari terpendek pada sumbu y ketika menggambar elips

7. Hatch

Perintah "Hatch", perintah ini digunakan untuk menggambar hatch / arsir yang bisa digambar ketika area yang di hatch berada di area tertutup yang garisnya saling berpotongan atau berada dalam polyline tertutup, circle, atau rectangle. Cara menggambarnya adalah dengan memilih titik yang berada di daerah yang tertutup garis yang saling berpotongan atau dengan memilih object polyline tertutup, circle atau rectangle. Caranya adalah dengan menekan huruf "H" dan tekan "enter" atau dengan menekan perintah "Hatch" di toolbar lalu pilih titik di tengah daerah yang tertutup garis yang saling berpotongan.

Perintah Hatch dengan menekan tombol "H" untuk menggambar arsir
Arsiran / Hatch area yang berada pada garis yang tertutup dan berpotongan
atau setelah perintah input "H" + "enter" atau perintah "hatch" ditoolbar dilanjutkan dengan menekan huruf "S" dan tekan "enter" di keyboard atau dengan alternatif perintah "select" di toolbar "boundaries", kemudian dilanjutkan dengan memilih garis polyline tertutup atau circle atau rectangle sebagai area arsir.

Pilihan cara mengarsir dengan metode memilih titik area arsir di tengah garis yang berpotongan atau dengan memilih object polyline tertutup, circle atau rectangle dengan memilih perintah "select"


Memilih object dari pilihan "select" sebagai area arsir
Demikianlah penggunaan perintah-perintah pada toolbar draw yang sering digunakan pada praktek menggambar dengan AutoCAD. Perintah-perintah di atas adalah perintah dasar yang sudah cukup untuk dipelajari di awal pengenalan cara menggambar dengan AutoCAD. Nanti akan di jabarkan lebih lanjut bagian dari masing-masing perintah secara lebih detail pada tutorial selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan Perintah Slice Pada AutoCAD 3D

Pada bahasan kali ini kita akan menjelaskan mengenai tutorial menggunakan Slice di AutoCAD 3 Dimensi.

Perintah Slice ini adalah salah satu perintah yang digunakan untuk memodifikasi / mengedit objek 3 dimensi solid yang fungsinya adalah untuk memotong objek solid tersebut sesuai dengan keinginan.

Perintah ini terdapat pada toolbar Solid Editing seperti yang teerlihat pada gambar di bawah.

Sebagai contoh pada perintah ini kita dapat memakai sutau objek Box seperti yang terlihat pada gambar di bawah.


Cara memakai perintah Slice pada objek box tersebut adalah dengan mengklik dahulu perintah "Slice" pada toolbar solid editing sehingga muncul perintah teks "Select object to slice" seperti pada gamabar di bawah.

Silahkan pilih object yang akan di-Slice dengan mengklik objek Box tersebut, kemudian tekan tombol "Enter" pada keyboard.


Setelah itu akan muncul sebuah perintah baru berupa teks "Specify start point of slicing plane or", serta pada command p…

Fungsi dan Cara Menggunakan Loft di AutoCAD 3D

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai bagimana fungsi dan cara menggunakan perintah "Loft" di AutoCAD 3 Dimensi.

Loft adalah perintah yang terletak di dropdown list yang terletak pada toolbar Modeling bersamaan dengan perintah Extrude. Perintah loft berfungsi untuk membuat object 3D solid dari beberapa cross section yang dibuat secara 2 Dimensi.

Cara memakai perintah loft ini adalah dengan mengklik perintah loft pada dropdown list seperti pada gambar di bawah ini, yaitu pada toolbar modeling. Tetapi sebelum kita menggunakan perintah Loft ini, kita harus membuat terlebih dahulu cross section yang diperlukan untuk membuat object 3D solid tersebut.


Langkah pertama sebagai contoh buat dahulu bahan cross section 2 dimensi seperti ukuran di bawah ini bujur sangkar 3 x 3, untuk mempermudah kita bisa melihatnya dalam pandangan isometrik.


Langkah kedua kita bisa membuat garis bantuan seperti pada gambar di bawah ini yang dibuat dari perintah "line" untuk men…

Belajar Menggunakan Thicken di AutoCAD 3D

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan sebuah tutorial yang menjelaskan fungsi dan cara menggunakan perintah Thicken pada AutoCAD 3 Dimensi.
Perintah Thicken berfungsi untuk membuat object 3 dimensi solid yang berasal dari sebuah surface, yang dengan perintah Thicken tersebut object surface yang ada tadi dimodifikasi dengan cara melakukan penebalan ke bawah dari surface tersebut.
Cara melakukan perintah "Thicken" ini adalah dengan mengklik perintah tersebut pada toolbar Solid Editing seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Sebagai contoh penerapan perintah Thicken ini kita dapat menggunakan sebuah object surface yang berbentuk seperti pada gambar di bawah ini.
Setelah kita melakukan perintah Thicken dengan mengklik perintah tersebut pada toolabr Solid Editing, maka akan muncul sebuah perintah teks "Select surfaces to thicken" yang artinya kita harus memilih object-object surface yang ingin kita terapkan perintah thicken kepadanya.

Silahkan pilih object…